Monday, August 20, 2007

Selintas tentang Cultural Festival di Townsville


Ajang tahun ini dilaksanakan dari tanggal 15 sampai 19 Agustus. Pertunjukan budaya yang biasanya dilaksanakan selama lima hari di setiap tahun ini mengusung tema umum: Unity in Diversity. Berbagai atraksi budaya dari berbagai belahan negara ditampilkan disini, umumnya dipertontonkan oleh warga Townsville keturunan, para expatriates dan students yang belajar di berbagai sekolah dan universitas sekitar Townsville. Konsepnya sederhana memang, yang penting tampil dengan budaya sendiri. Tak ada aturan yang kaku dalam pementasan kecuali tepat waktu. Bila siap, silakan mendaftar ke panitia.
Areal pertunjukan itu sendiri bukan hanya memberi tempat bagi para penari dan penyanyi namun juga menampung para kreatifitor di bidang seni lainnya. Di sana ada art & souvenir shops yang melingkari dua areal pertunjukan utama: main stage dan global village. Hal yang unik dari global village tahun ini adalah menampilkan atmosfir desa-desa di pasifik dengan dominasi daun kelapa di setiap rumah sekaligus gerai-nya. Di tengah kampung terdapat sebuah bale-bale di mana setiap pengunjung kampung bisa mempertontonkan kemampuannya. Semua penduduk maupun pengunjung harus tunduk pada peraturan yang dibuat oleh raja dan ratu kampung. Peraturan yang paling “mengerikan” adalah denda bagi yang merokok di dalam kampung yang bisa mencapai 3 juta rupiah.
Tim Indonesia mengirimkan delegasi terbesar dalam sejarah untuk ajang tahun ini. Maksudnya bukan delegasi terbanyak diantara para performers namun terbanyak dibandingkan dengan delegasi Indonesia di tahun-tahun sebelumnya. Dengan kombinasi antara sebagian anggota PPIA JCU dan beberapa orang residents dan expats, jadilah sebuah tim kontingen yang terdiri dari para penari Saman, Yapong dan para peraga busana (baca berita lainnya di webblog ini).
Sebelum pertunjukan pemungkas, acara ini sendiri ditutup oleh pidato sejenak dari walikota Townsville, Cr Tony Mooney yang menyatakan kegembiraannya atas keragaman yang menyatu di kota Townsville ini....(foto inzet-Cr Tony Mooney bersama Goestaf dari PPIA JCU) © PPIA-JCU

No comments: