Monday, April 30, 2007

Paskah dan liburan panjang


Puji Prihatiningsih, dalam kurang lebih 3 bulan study di James Cook University sebagai student baru, memaknai Paskah dalam ceritanya berikut ini...



Paskah taun ini terasa berbeda. Jauh dari keluarga, sahabat dan teman. Tahun ini perayaannya-pun berbeda. Biasanya jauh-jauh hari sudah heboh rencana pulang kampung untuk merayakan dengan keluarga di rumah. Paskah juga jadi ajang kumpul dengan teman masa kecil yang sekarang sudah pada sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Yah reuni gratis lah....................Sekarang mau pulang gimana? Aku terdampar di kota Tonspil (Toadsville kata Mr.Jon, apa karena banyak cane-toad-nya ya ?)

But it doesn’t matter (wong ke Tonspil aja perjuagannya setengah mati, ngalahin sun Go Kong yang ngalahin 1000 halangan dan rintangan...............ciee..kek...kek....). Yang penting kualitas esensi perayaannya yang harusnya bertambah terus !!!

Tapi, kalo diamati perayaan paskah orang Oz especially Tospil menarik juga kok !! jauh-jauh hari mal (Stockland terutama-habis dekat) dan toko-toko sudah dipenuhi segala macam atribut paskah mulai dari coklat telur, coklat bunny or kelinci sampe bulu-bulu or kostum kelinci. Enaknya, coklat seakan sudah menjadi tradisi jadi mau tak mau setiap kali mata memandang gumpalan lezat dengan kemasan aneka rupa itu sekan melambai-lambai minta dibeli hi hi.................paskah juga jadi even besar dimana tiap anggota keluarga memberi hadiah satu sama lain yang berupa (apalagi kalo bukan) coklat aneka bentuk........p.s. maaf buat Nadine, paskah kali init tante ga kasi kado, so ketemu taun depan jo!!

Paskah juga jadi even keluarga karena libur long weekend dari Jumat sampai Senin (resminya). Tapi mulai awal minggu sebelumnya (Senin) suasana kota mulai sepi, kampus sepi, jalanan ramai, highway padat. Orang-orang seakan berlomba keluar dari kota . Banyak yang pergi camping (apalagi habis ada warning tsunami) or memenuhi taman dan strand (pantai local). Jalanan depan rumahku yang biasanya dipenuhi mobil dan truk tiba-tiba saja lengang…………….aneh!!! Yah biar saja mereka pergi keluar kota biar kita-kita yang pendatang ini yang jaga kota mereka ha ha ……………….

Tapi rencana bisa berubah tiba-tiba kok! Kita juga ga mau kalah, hari Jumat kita cabut, pegi ke pantai Rollingstone (bukan mau nge-rock kok), dan alhasil kita temui sebagian kecil orang Tonspil disana, sibuk main air, berjemur, dan main bersama anak-anak mereka!!! Aha……………….got u!!

Dan tepat pada hari Minggunya, tepat di hari kebangkitan Kristus, aku rayakan dengan teman-teman Indonesia di Strand. Acara pokoknya perayaan paskah dan bible study, acara tambahannya foto session, berenang, berjemur, sight seeing, bbq, makan nasi kuning, curhat, baca buku, mejeng, jadi penjaga pantai dan makan angiiiiiiiiiin ampe kekenyangan (untung ada Antangin so wes ewes……bablas anginya!!)

Belum puas, Seninnya kita ke Bluewater, ke rumah Mba Ani. Wah disini kita bener-bener disuguhi kehidupan asli Oz yang tenang, damai, aman sentosa serta dikelilingi woodland Eucalyptus dan sekelebatan kanguru…………….wuih!!!

Dear Lord, trimakasih untuk paskah tahun ini!!

Akhir kata, HAPPY EASTER EVERYBODY!!!
Selamat paskah juga Toadsville!!



© PPIA-JCU

No comments: