Monday, April 30, 2007

Bunda Kartini…Kami Rindu..!!

Catatan 21 April 2007

Lebih dari separuh pelajar pasca sarjana di James Cook University adalah wanita. Berikut adalah ungkapan hati mereka “.. serasa Bunda di sini di samping kami..”

Kami di sini Bunda.. di Townsville di negeri seberang tuk menimba ilmu di James Cook University.. jauh Bunda jauuuuh.. jauh dari orang-orang yang kami cinta..
Pantai Strand.. menjadi tempat meneduhkan hati di Townsville yang terik (sekarang sih menjelang Winter, Bunda).. menjadi tempat memimpikan keindahan kala rindu melanda pada negeri.. dan pada Bunda kala 21 April kami tapaki.. dan.. hamparan pasir di Pantai Strand yang tersapu ombak menjadi lembaran padat tuk kami tulisi dengan jari..

“Bunda, terima kasih sudah membuat kami semua ingin lebih maju dan mengeksplorasi kemampuan terbaik kami. Perjuangan Bunda tidaklah sia-sia... dan semoga kaum perempuan Indonesia tetap maju dan lebih bijak di masa depan. Maklum, Ibu Pertiwi perlu perempuan-perempuan terbaik untuk membangun bangsa...”dari Icha (who thinks that Lady Kartini is Indonesia's Jane Austen, without her novels)
(Bunda, Icha di sini study doctorate ‘towards sustainable dolphin-watch tourism in Bali, Indonesia).

Bunda.. aku Puji.. sekarang sedang study Master of Protected Area Management.. terimakasih Bunda.. karena perjuangan Bunda lah aku bisa di sini..

Angel, sedang ambil Master-Tropical Ecology Bunda.. ingin kusampaikan “Kesukaran tiada henti yang dihadapi wanita ketika eksistensinya diabaikan, terkikis sudah. Thanks to Kartini” tapi Bunda semoga wanita Indonesia mampu menyeimbangkan kiprahnya ‘tuk negeri sehingga tidak menjadi maaf.. “Kartini” (KARir TIada heNtI)

Master of Sciences di bidang Tropical Agriculture tengah dijalani Farida Damayanti, didampingi suami tercinta, perjalanan panjang studiku harus kubagi dan kuseimbangkan dengan perhatian untuk suamiku.. “Ibu, terima kasih”

“Jika Ibu Kartini ada di sini, maka aku akan bilang, ‘Bu.. make a big wish for each wonderful thing, and we will get ready to see the future will bring.’ Salam sayang dari Lita, saat ini menekuni Master di bidang Eco-tourism.”

Bunda, pertiwi makin banyak dihadapkan pada masalah dan tantangan, diantaranya flu burung, kelak aku ingin memiliki semangat juang seperti Bunda untuk berkarya pada negeri.. Desniwaty tengah berjuang meraih Master of Sciences dengan topic penelitian
“Molecular epidemiology of Avian influenza and Newcastle disease using samples and transported without a cold chain”.

Dian Latifah, tengah mengemban amanat sebagai Presiden PPIA, ditengah kerja keras menapaki study doctorate, duh.. harus dengan kesabaran dan semangat juang seperti Bunda dulu berjuang untuk hak Perempuan atas kesempatan belajar dan berkarya seperti pria.. jika Bunda di sini ingin kuucapkan terimakasih mendalam padamu Bunda.. dan ajari daku semangat juangmu nan tiada henti.. (topik penelitian “Population structure and regeneration of palms (Arecaceae) in response to cyclone disturbances, North Queensland, Australia”)


© PPIA-JCU

No comments: