Wednesday, May 30, 2012

Profil Pengurus PPIA 2012-2013


Setelah presiden baru terpilih melalui AGM yang dilaksanakan 26 Mei 2012 di James Cook University Townsville & Cairns via teleconference, dan diadakan diskusi yang padat selama 2 minggu, akhirnya kabinet 2012-2013 terbentuk. Berikut adalah susunan kepengurusan PPIA JCU 2012-2013:


Deasy Ayuningtyas Tandio adalah Presiden ke-10 dalam sejarah kepengurusan PPIA JCU. Lahir pada tahun 1984. Sebelum datang ke JCU, wanita lulusan Universitas Udayana ini bekerja sebagai dokter di Puskesmas Maubesi, Kabupaten TTU, Nusa Tenggara Timur. Sebelumnya sempat bekerja sebagai dokter jaga di klinik Internasional dan sebuah hotel bintang lima di Bali. Saat ini Deasy sedang menempuh program pasca sarjana di School of Public Health, Tropical Medicine & Rehabilitation Science dan juga di School of Business untuk menyelesaikan combine degree MPH-MBA. Hobinya adalah main alat musik (organ, angklung, gamelan), menulis artikel kesehatan untuk media cetak di Indonesia, berenang, dan jalan di pinggir Ross River.


Muhammad Irfansyah Lubis adalah Wakil Presiden yang bertempat tinggal di Cairns. Lahir di Padang Sidempuan, 29 Maret 1985. Pria berdarah batak ini lulusan Sarjana Kehutanan dari Institut Pertanian Bogor. Selama menjadi mahasiswa, Lubis, panggilan akrabnya sering terlibat dalam organisasi keprofesian yang berhubungan dengan flora and fauna dan telah melakukan ekspedisi ke berbagai kawasan konservasi di Indonesia.  Lubis beserta timnya juga pernah dapat grant penelitian dari program Conservation Leadership Award (supported by Birdlife, CI, FFI, and WCS programme) dengan posisi sebagai project leader. Setelah lulus, ia bekerja di organisasi WWF-Indonesia sebagai GIS (Global Information System) and Forest Planning Coordinator di Kalimantan Timur, dan juga sempat bekerja part-time sebagai GIS Expert di GIZ-Germany yang berkantor di Jakarta. Saat ini Lubis meneruskan studinya di JAMES COOK UNIVERSITY di bidang Master of Development Practice yang tidak jauh dari ranah konservasi dan pembangunan berkelanjutan.
Di waktu senggang, pria ini menghabiskan waktunya dengan traveling dan fotografi khususnya satwa dan pemandangan alam, dan pernah juara 3 dalam lomba fotografi di bidang biodiversity se-Indonesia pada tahun 2011.
Motto hidupnya adalah "Rimbawan, Jaya di rimba, wibawa di kota".


Indra Bayu Vimono adalah sekretaris PPIA jCU tahun 2012, lahir di Blitar, 9 Agustus 1982. Menyelesaikan kuliah Sarjana di Jurusan Biologi, FMIPA-Universitas Negeri Malang pada tahun 2005. Sempat bergabung dengan Lembaga Swadaya Masyarakat SPEKTRA untuk mendampingi program pemberdayaan masyarakat pesisir selama satu tahun, sebelum direkrut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Selama mahasiswa S-1 aktif dalam organisasi kemahasiswaan, terutama Himpunan Mahasiswa Biologi, serta aktif dalam kegiatan lapangan bersama LSM Rhizophora untuk melakukan pemetaan potensi pesisir Jawa Timur. Saat ini menempuh pendidikan Master pada bidang Marine Biology di James Cook University. Jatuh hati pada kegiatan fotografi dan kegiatan di ruang terbuka, dilakukan di sela-sela kegiatan belajar :)




Zainab Tahir adalah sekretaris PPIA JCU tahun 2013.


Jensi Sartin adalah bendahara PPIA JCU.


Herri Binarasa adalah Menteri Kesenian dan Olah Raga tahun 2012-2013.


Muhammad Erdi Lazuardi adalah Menteri Telekomunikasi dan Informasi di Cairns. Lahir pada Jumat Kliwon, 11 Maret 1977 di Kendal, Jawa Tengah. Lulus S1 dari Ilmu Kelautan – Institut Pertanian Bogor pada tahun 2000. Sejak kuliah aktif di Fisheries Diving Club – IPB sebagai ketua dan voluntary di beberapa NGO seperti Palung, Telapak Indonesia, Bahtera Nusantara, PPLH Bali dan WWF Wallacea Bioregion (Bali). Aktif di WWF Bali sebagai Reef Check Officer dan mengelola Jaringan Kerja Reef Check Indonesia (JKRI), 2002-2004, lanjut ke Conservation International Indonesia – Raja Ampat Program sebagai kordinator sains dan monitoring, 2005-2011. Pengen nyari beasiswa kuliah tapi selalu gagal, karena nilai S1 yang pas-pasan kebanyakan menyelam :o). Bersyukur di akhir 2011, Erdi berhasil mendapatkan beasiswa dari Joint Japan/World Bank Graduate Scholarship Program untuk melanjutkan kuliah di Master of Development Practice Program, JCU-Cairns campus. Penghargaan lainnya adalah grant dari The Nature Conservancy – Global Marine Initiative dan Society for Conservation Biology sebagai pembicara dalam 2nd International Marine Conservation Congress, Victoria-Canada, 2011. Hobinya dulu suka bikin puisi, tapi sejak menikah udah enggak lagi :p. Hobi lainnya: underwater photography, main gitar dan harmonika.


Welem Linggi Turupadang atau biasa dipanggil Wem, lahir di Tator, Sulawesi Selatan. Beliau adalah Menteri Telekomunikasi dan Informasi di Townsville. Menyelesaikan tingkat pendidikan sampai jenjang sarjana di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Menekuni bidang kelautan dan akuakultur sejak menjadi mahasiswa di Jurusan Perikanan dan Kelautan Universitas Nusa Cendana, Timor. Sedang melanjutkan kuliah di School of Marine and Tropical Biology James Cook University Townsville. Saat ini masih terdaftar sebagai tenaga pengajar di lingkup Universitas Nusa Cendana. Terlibat di organisasi kemasyarakatan di Timor dan aktif memperjuangkan semangat kemandirian bagi anak muda di lingkungannya. Motto hidupnya :Expect great things from God; Perform great things for God" (William Carey, 1800AD).


Reza Wahya adalah Menteri Urusan Publikasi Jurnal dan Penelitian.


Cardial Leo Penu adalah Menteri Sosial.



© PPIA-JCU

No comments: