Tuesday, May 22, 2012

Ganti Operator HP, Gak Perlu Ganti Nomor

Pertama saya datang ke Australia, saya membeli simcard Optus. Simcard ini saya masukkan ke telpon Nokia yang saya bawa dari Indonesia. Saya aktivasi simcard saya via telepon (pinjam mobile phone Mbak Anita, tapi sebenarnya aktivasi bisa juga dilakukan secara online), dan saya mendapat nomor 043abcdefgh. Nomor saya itu pun saya daftarkan ke International Student Centre supaya Liaison officer mudah menghubungi saya, dan saya daftarkan pula ke bank (untuk dipakai transaksi online), juga saya sebarkan ke teman-teman saya.

Setelah dipakai selama 1 bulan, saya memutuskan untuk beralih ke Vodafone. Alasannya karena saya perlu ber-BBM ria dengan suami di Indonesia untuk menekan biaya komunikasi. Saya pun membeli HP Blackberry di website Vodafone dengan kontrak 2 tahun senilai $39/bulan (saya cuma bayar $29 per bulan dan dapat gratis 3 bulan pertama karena ada promo potongan harga $10/bulan dan gratisan beberapa bulan awal kalau belinya online). Ini artinya HP saya dapatkan gratis, dan tiap bulan saya cuma perlu membayar untuk pemakaian pulsa saja! Setelah memesan online, Blackberry dan simcard sampai di rumah sekitar 2 minggu kemudian. 

Nah karena nomor hp 043abcdefgh sudah tersiar luas, repot kan kalau tiba2 ganti nomor?

Untungnya, di Australia, kalau kita ganti simcard, kita gak perlu ganti nomor. Caranya gampang!
  1. Langkah pertama yang paling penting: jangan aktivasi simcard yang baru. Hubungi dulu operator simcard yang baru (dalam hal ini: Vodafone) memakai telpon lain (saya pakai simcard cadangan yang saat itu saya miliki: Lebara). Minta untuk mengaktivasi simcard kita yang baru itu dengan nomor yang sudah kita miliki sebelumnya. Pada kasus ini, saya telpon operator Vodafone, dan bilang kalau saya mau aktivasi simcard Vodafone saya dengan nomor 043abcdefgh. Kalau dalam bahasa Inggris, saya bilang “I want to transfer my old number to my new vodafone simcard. My old number is 043abcdefgh
  2. Operator akan mengurusnya, minta macam-macam seperti batch number simcard yang baru, dst. Lalu kita tinggal tunggu. Ikuti petunjuk yang diberikan operator sebelum pembicaraan diakhiri.
  3. Inilah beberapa pesan operator sebelum percakapan diakhiri:
    1. Biasanya akan makan waktu beberapa jam sebelum perpindahan nomor berhasil.
    2. Saat proses pemindahan, kedua simcard harus dalam keadaan non aktif!
  4. Cek simcard lama sesuai petuntuk operator (saya diberitahu operator untuk tunggu 2 jam sebelum mencek apakah simcard Optus saya masih aktif). Kalau simcard lama sudah nonaktif (tidak dapat sinyal, tidak bisa dipakai menelpon), berarti perpindahan sudah berhasil.
  5. Aktifkan simcard baru. (Akhirnya Vodafone saya menyala dengan nomor 043abcdefgh)
Selamat mencoba!
Kontributor: Deasy Ayuningtyas Tandio
© PPIA-JCU

No comments: