Thursday, September 06, 2007

APEC for Women Leadership Network 2007


400 delegasi dari negara asia pacific hadir dalam conferensi APEC for Women Leadership Network yang ke-12 di port douglas berlangsung pada bulan juni 2007 lalu. Dalam pertemuan kali ini topik yang diangkat adalah Women and Economic Leadership dan merupakan bagian dari rangkaian event utama APEC yang sedang di laksanakan di Sydney saat ini.


Sebagai tuan rumah, host dari acara ini adalah ibu mentri pendidikan australia, Julie Bishop yang juga mewakili prime minister for women's issue. Event yang dilaksanakan selama lima hari terbagi atas kegiatan workshop dan meeting untuk membahas mengenai issue perempuan kaitannya dalam dunia bisnis dan peluang ekonomi untuk perempuan di masa depan. Beragam topik hangat mengenai perempuan dalam export dan ekonomi, globall challenges on women in the future, capacity and business mengundang banyak perdebatan. Tidak mau ketinggalan delegasi dari Indonesia pun turut serta dalam konfrensi ini. Perwakilan dari kementrian pemberdayaan perempuan yaitu ibu Sjamsiah Achmad yang menjabat sebagai penasehat mentri serta dua perwakilan lainnya dari kowani yaitu Ibu Mauna dan Ibu Siti turut ambil bagian, selain juga ibu Tjempaka Sari Hartomo dari LIPI dan ibu Rini Yuliastuti dari Kementrian Ristek yang berpastisipasi dalam kegiatan workshopnya.


Event besar ini pun melibatkan beberapa pelajar dari James Cook University dimana dari Indonesia, Maulita Sari Hani (Lita) & Ani Daryani (Ani) mendapat kesempatan untuk menjadi liaison officer. Tidak lebih dari 15 orang pelajar terpilih menjadi perwakilan untuk membantu mensukseskan event dunia ini. Pastinya banyak pengalaman dan cerita. Rasa bangga pun sebagai anak bangsa juga melekat dalam dada. Tak segan dan tak sungkan ucapan hangat dan terima kasih dari Ibu Mentri Julie Bishop secara pribadi terucap dari bibir mungil manisnya.
© PPIA-JCU

No comments: