Friday, January 02, 2015

ARRIVAL GUIDE STUDY AT JCU 2015

What Should I Bring To OZ?

Menjelang keberangkatan, kita pasti kita disibukkan dengan packing. Walaupun visa belum jadi, tidak ada salahnya kita mempersiapkan lebih awal. Jatah bagasi penerbangan internasional biasanya 30kg, tetapi hal yang perlu diingat adalah jatah bagasi penerbangan domestic cuma 20kg. Nah, berdasarkan pengalaman dari teman-teman PPIA JCU, berikut ini adalah barang-barang yang harus masuk ke koper.



1.       Dokumen Penting
- Visa, Paspor, Tiket Pesawat – masuk kategori utama dan urgently required, karena Australia adalah negara yang sangat ketat hukum dan kalau tidak membawa visa dan paspor perjalanan pastinya perjalanan akan terhambat.
- Surat Kontrak Beasiswa , Letter of Acceptance – digunakan ketika pertama kali bertemu dengan ALO
- Surat Dinas (Untuk PNS)
- Dokumen Kelengkapan Keluarga, seperti riwayat imunisasi yang sudah di-translate akte kelahiran anak, KK, rapor yang sudah diterjemah dan lain-lain.
- SIM A, jika ingin mengendarai mobil di sini.

2. Pakaian dan Sepatu
Pakaian sebaiknya secukupnya saja dan untuk pakaian kuliah usahakan yang tidak mudah kusut, jadi tidak butuh disetrika sehingga hemat waktu dan praktis. Selain itu harga baju di Townsville juga terjangkau (apalagi kalau sedang diskon). Misal : celana jeans wanita $20, kaos santai $5-10, pakaian dalam misal bra $4-$6(*). Sebagai catatan, cara berpakaian di sini, terutama Townsville cenderung informal, jarang ditemukan orang yang memakai kemeja/hem dan lebih sering memakai kaos dan baju casual.
Batik dan kebaya sangat disarankan untuk dibawa, karena banyak event di sini (momen 17 Agustus, cultural fest, graduation) yang membutuhkan baju adat.
Untuk sepatu, sepatu kets atau sepatu yang nyaman dipakai untuk berjalan jauh sangat dianjurkan, karena jarak antar gedung di JCU Townsville yang berjauhan. Harga sepatu dan sandal juga cukup terjangkau. Dengan harga $20-30(*) sudah mendapat sepatu bagus yang nyaman dipakai. Sandal jepit juga bisa dibeli di sini, karena harga sandal jepit cuma $3 – $4(*) (*berdasarkan pengamatan di Kmart, Desember 2014) 
3.       Travel Adaptor
Colokan listrik di Indonesia dan Australia berbeda, jadi kalau misal mau nge-charge hp, laptop, peralatan satu ini sangat dibutuhkan. Triknya, cukup beli 1 travel adaptor, lalu membawa 1 kabel panjang.

4.       Uang
Untuk penerima beasiswa AAS, sebaiknya bawa uang secukupnya saja, sediakan untuk 3 hari sampai 1 minggu, sekitar $300-$500. Satu hari setelah kedatangan, biasanya new student langsung menemui ALO JCU, lalu di hari itu juga membuka rekening bank dan diberikan establishment allowance. Akan tetapi, ada juga sedikit kasus yang establishment allowance tidak langsung masuk di hari itu juga, sehingga harus menunggu beberapa hari. Sebaiknya siapkan pula uang kecil, $5 dan $10 untuk berjaga-jaga.

5.       Makanan
Makanan cepat saji sebaiknya disiapkan untuk 1 hari saja dan membawa yang ada labelnya. Pada waktu di imigrasi, makanan tersebut harus di-declare. Silakan cek lagi barang-barang apa yang harus di-declare karena customs di Australia sangat ketat. Jika memutuskan tidak mau membawa makanan juga tidak masalah, karena Stockland Shopping Center sangat dekat lokasinya dengan tempat akomodasi mahasiswa.    

Kriiiiing.. Hello!

Setiba di Australia, hal pertama yang ingin dilakukan adalah mengabari keluarga tercinta kalau kita sudah tiba dengan selamat. Nah, saatnya mengganti nomor telepon Indonesia dengan nomor telepon di sini. Ada beberapa opsi yang ada di sini, yaitu plan ( post paid dengan hp) dan pre paid.
Plan
Maksudnya adalah kita membeli hp bersama dengan pulsa yang ada dan akan ditarik tiap bulannya untuk jangka waktu tertentu (12 bulan-24 bulan). Nah, di sini kita bisa menyesuaikan dengan jangka waktu studi kita, missal 18 bulan.  Harga plan sangat tergantung dengan merk hp yang tercakup dalam plan itu. Sebagai contoh, apabila kita membeli Iphone dalam jangka waktu 12 bulan dengan jatah menelepon tertentu kita akan membayar $90 tiap bulannya. Beberapa provider banyak yang menyediakan paket plan misalnya Vodafone dan Optus.
Prepaid
Untuk prepaid, ada beberapa provider terkenal di sini yaitu Vodafone, Optus, Lebara, Telstra. Vodafone terkenal sinyalnya tidak sebagus Telstra, tetapi harganya lebih murah. Pengisian pulsa untuk Vodafone dan Optus adalah sekitar $20-30/bulan, sedangkan untuk Telstra adalah sekitar $40/bulan. Silakan bertanya ke teman-teman PPIA yang sudah lebih dulu menggunakan sebagai perbandingan.     

Find an Accommodation

Temporary accommocation

Untuk temporary accommodation, PPIA akan membantu mencarikan yang dekat dengan tempat tinggal student dari Indonesia lainnya. Jika betah, silakan melanjutkan dan biasanya landlord (yang punya rumah) akan meminta kontrak selama minimal 6 bulan dan membayar uang bond yang besarnya biasanya 2x uang sewa kos per minggu atau 4x uang sewa unit per minggu. Uang bond akan kembali apabila tidak ada yang rusak dan kamar kembali dalam keadaan bersih seperti semula. Silakan dipikirkan sebelum menandatangani kontrak tersebut apakah sesuai dan nyaman untuk 6 bulan. Selain itu, apabila kita ingin pindah tempat, biasanya kita tidak bisa langsung pindah dalam jangka waktu singkat karena biasanya ada 2 week notice. Akan tetapi, bagaimanapun juga, komunikasi adalah nomor satu. Silakan mengkomunikasikan baik-baik dengan landlord atau yang bersangkutan ya.    

Permanent Accommodation

Faktor-faktor yang mempengaruhi student memilih akomodasi di antaranya adalah lokasi (apakah dekat dengan tempat universitas atau tempat kerja), harga sesuai budget atau tidak dan juga faktor lingkungan. Beberapa tipe akomodasi di Australia yaitu: kos, shared house, unit/flat, apartemen.
Kos
Untuk kos, ada beberapa landlord yang meminta kontrak dan ada juga yang tidak. Aturan (hak dan kewajiban) juga biasanya sudah jelas, misalnya penyewa kamar harus menjaga kebersihan dapur bersama, setelah makan harus langsung mencuci alat makan dan lain-lain. Selain itu, kos biasanya sudah tergabung dengan biaya listrik sehingga tidak perlu memikirkan tagihan listrik. Harga sewa kamar tiap minggunya yaitu $100-$180/minggu.
Shared House
Shared house adalah satu rumah share dengan beberapa student atau orang lain. Untuk shared house sangat dibutuhkan komunikasi yang baik antara sesama penghuni dan juga saling menghargai karena biasanya aturan belum ditentukan oleh pemilik rumah (landlord). Dalam hal ini memilih housemate menjadi pertimbangan utama untuk shared house, misalnya saja ada housemate yang suka party sedangkan di satu sisi kita membutuhkan ketenangan untuk belajar. Tagihan listrik dan internet biasanya dibagi bersama tergantung kesepakatan awal. Harga sewa kamar di shared house tidak jauh berbeda dengan kos bahkan bisa lebih murah karena belum termasuk listrik dan internet.  
Flat/ unit
Flat/unit biasanya disewa oleh student yang membawa keluarga. Flat/unit ada yang menyediakan perabot (furnished) ada juga yang tidak (unfurnished) dan hal itu juga akan mempengaruhi harga sewa tiap minggu-nya. Semakin strategis lokasi, misal dekat dengan kampus atau pusat perbelanjaan (contoh: Stockland Shopping Center untuk di Townsville), harga sewa pun akan semakin mahal. Menyewa unit juga ada yang melalui private (ke pemilik langsung) atau pun lewat agen. Apabila melalui agen, biasanya lebih ribet karena menggunakan persyaratan administrasi (rekening bank, rekomendasi, surat keterangan status mahasiswa dan lain-lain), tetapi agen menyediakan kesepakatan hak dan kewajiban yang tertulis hitam di atas putih sehingga lebih jelas prosesnya. Untuk lebih lengkapnya, apabila berminat menyewa flat/unit silakan bertanya kepada mas dan mbak PPIA yang membawa keluarga di sini.
Untuk mencari akomodasi permanen bisa dicari di website www.gumtree.com.au  atau bisa juga di Facebook Groups dengan mengetikkan keyword Townsville Accommodation atau Townsville Private Rentals.          

Transportation

Bus

Jadwal bis bisa dicek di http://www.sunbus.com.au/sit_timetable_townsville.htm ,tetapi terkadang jadwal bis tidak sesuai dan molor, jadi persiapkan 45 menit sebelum acara di kampus untuk lebih amannya. Harga tiket bis, selama kita menunjukkan student card dan concession card, akan mendapat potongan 50%. Sekali jalan dari Stockland (shopping centre terdekat dengan tempat tinggal mahasiswa Indonesia) menuju ke kampus hanya $1.5. Tiket bis dapat dibeli untuk sekali jalan (one way), satu hari penuh (daily) atau satu minggu penuh (one week). Untuk IAP, karena akan berencana setiap hari ke kampus, ada baiknya membeli one week dengan harga $12. Ada juga tiket khusus yang dijual di Bookshop, biasanya di awal semester, dengan harga one week untuk semua zona (maksudnya kita bisa keliling dari ujung Townsville ke ujung Townsville) $10 saja.   

Sepeda

Sepeda menjadi salah satu favorit mahasiswa untuk menuju ke kampus. Biasanya student Indonesia tinggal di suburb Cranbrook, yang dapat ditempuh hanya dengan 15-25 menit, lebih memilih untuk bersepeda. Selain kita bisa mengatur jadwal sendiri, sekaligus berolahraga juga. Townsville City Council sudah menyediakan jalur (track) bersepeda sehingga bersepeda relatif aman. Eit, tapi jangan lupa dibaca aturan-aturan bersepeda di http://www.tmr.qld.gov.au/safety/queensland-road-rules/bicycle-rules.aspx  karena kalau tidak kita harus siap-siap ditilang. Helm adalah salah satu perlengkapan yang wajib dipakai, contohnya, kalau tidak ingin terkena denda. Selain itu, di malam hari, bersepeda harus menggunakan lampu yang dibeli terpisah.    

Mobil pribadi

Mobil termasuk kendaraan yang biasanya dibeli oleh mahasiswa Indonesia, terutama yang membawa keluarga. Mengapa membeli mobil? Karena jadwal bis yang kurang reliable dan juga di hari Sabtu dan Minggu bis hanya beroperasi 1 jam sekali. Selain itu, mobil juga dibutuhkan untuk yang berminat bekerja part-time karena biasanya lokasi kerja yang sulit ditempuh dengan bis. Harga mobil relatif murah, tetapi hal yang perlu diingat dalam membeli mobil adalah usahakan yang mempunya RWC (Road Worthy Certificate), karena artinya mobil itu layak jalan, sehingga lebih reliable dalam waktu 1 tahun ke depan. Harga mobil RWC yang biasanya sesuai dengan budget mahasiswa di kisaran $2500 - $4000, tergantung jenis, tahun, dan jumlah km yang telah ditempuh. Harga mobil yang tidak ada RWC biasanya sekitar $700 - $2000, lagi-lagi tergantung jenis mobil, jumlah km dan juga tahun. Apabila membeli mobil yang tidak ada RWC, ada baiknya kita kenal dengan pemilik sebelumnya dan lebih baik lagi kalau kita mengetahui kondisi mesin.   

Child Care and School

Membawa anak dan keluarga bisa menjadi pengalaman indah buat student dan keluarganya, karena bisa berkesempatan di negara maju bisa memperkaya pengalaman hidup. Untuk anak, anak bisa mencicipi bergaul dengan teman dari berbagai macam negara, belajar dengan sistem yang berbeda dari Indonesia dan memperlancar Bahasa Inggris tentunya. Ada banyak childcare di Townsville, tetapi biasanya student Indo memasukkan anaknya ke Childcare di dalam Uni (Unikids), Redleaf (dekat dengan bus stop di Leopold St) atau Billy Lindy Kids (di dekat K-mart). Untuk Billy Kids, mereka terkenal murah terutama untuk booking full time (5 hari masuk), tetapi antriannya juga banyak.  UniCampus Kids juga membutuhkan booking di jauh-jauh hari karena menjadi favorit student dan staf JCU. Untuk teman-teman yang mendapat beasiswa AAS, berhak mendapatkan fasilitas Child Care Benefits (CCB) dan Child Care Rebate (CCR) yang harus diurus di Centrelink. Proses mengurus CCB dan CCR biasanya memakan waktu lumayan lama (sekitar 1 bulan),  

Eat Out

Ada banyak pilihan untuk makan di luar, tetapi yang menjadi masalah adalah mencari tempat makanan halal untuk student muslim, sesuai dengan budget student dan juga mencari makanan yang sesuai dengan lidah Indonesia (kalau mau makan bakso, soto bubur ayam, sate, gado-gado, nasi kuning bisa dibuat bareng-bareng dengan teman-teman PPIA :D ). Berikut ini beberapa tempat makanan yang bisa dijadikan referensi.
1.       Sunshine Kebab (Halal), berlokasi di Willows Shopping Center dan di Currajong, menjual doner kebab dan chicken kebab atau bisa juga mix.
2.       Miss Sushi (Halal), terletak di dalam kampus.
3.       Nandos (*)(ayam panggangnya Halal), menjual ayam panggang ala Portugis di Bamford Lane.
4.       Indian Brothers (*), menjual masakan India.
5.       Gozleme, semacam martabak Turki, berlokasi di Sunday Market di Flinders Street.
6.       Dan lain-lain

(*) Nandos dan Indian Brothers pernah berpromosi di masjid dan menyatakan bahwa daging ayam yang mereka sediakan adalah halal. Untuk lebih jelasnya silakan bertanya ke teman-teman MSA (Muslim Student Association) di JCU. 

Where Can I Pray?

JCU mempunyai Chapliancy yang terletak di (belakang bus stop). Tempat ini merupakan tempat beribadah untuk semua agama. Di dalamnya terdapat ruangan-ruangan untuk berdoa, dan cukup mengisi daftar hadir di bagian office kita sudah bisa memanfaatkan salah satu ruangan untuk sembahyang.
Beberapa tempat ibadah di luar kampus juga tersedia. Untuk yang beragama islam terdapat  1 masjid di Townsville yaitu di Ross River Road, Suburb Mundingburra. Untuk teman-teman yang beragama Kristen, gereja Aitkenvale Uniting Church adalah salah satu dari beberapa gereja Kristen yang bisa menjadi pilihan. Gereja ini terletak di Ross River Road, Suburb Aitkenvale. Gereja Holy Spirit di Cranbrook merupakan gereja Katolik dimana beberapa student Indonesia sering beribadah. Letaknya berada di Suburb Cranbrook. Sedangkan untuk teman-teman yang beragama Hindu, terdapat Sri Sidhi Vinayaka Temple yang terletak di 9 One Mile Drive, Gumlow. Selain itu terdapat juga Budhist Temple bagi yang beragama budha di 7 Mt Kulburn Road Jensen. Informasi di atas hanya sebagain kecil saja, beberapa tempat ibadah lainnya bisa di cari via google. J

I Love Sports

Berenang
Tempat favorit untuk berenang adalah Riverway (gratis dan kebersihan terjamin), terletak di dekat Willows Shopping Centre. Pilihan lainnya yaitu The Strand. Di The Strand terdapat beberapa fasilitas berenang seperti water boom, Rock pool (kolam renang air asin), dan bahkan bias berenang langsung di pantai tentunya di area yang sudah di pasang jaring anti ubur-ubur.
Bersepeda, jogging, jalan santai?
Bersepeda, jogging, jalan santai di sepanjang Ross River bisa menjadi pilihan lain. Sesekali cobalah berjalan atau bersepeda sampai menuju Sheriff Park, di sana ada peralatan gym outdoor yang bisa dipakai siapa saja. Selain itu, ada juga jogging track yang lebih menantang yaitu Castle Hill.
Voli
Anda suka bermain bola voli? PPIA JCU di Townsville mempunyai kegiatan olahraga rutin tiap Minggu sore di Cranbrook Park. Apabila sedang musim panas, biasanya dimulai sekitar jam 5 sampai jam 7, sedangkan jika winter, dimulai jam 4 sampai jam 5.30.  

Shopping Time

Mall di sini tidak seperti di Jakarta atau kota besar Indonesia yang bertingkat-tingkat dan megah. Kebanyakan mall di Townsville hanya 2 lantai saja. Eits, tapi jangan khawatir karena cukup lengkap barang-barang yang dijual. Groceries (beras, sayur, buah, bahan makanan lainnya) biasanya dibeli di Woolworths, Coles atau Supa IGA. Walaupun harga sayur di sini hampir sama dengan harga daging, tetapi sayuran juga penting untuk kesehatan dan stamina tubuh. Gak pengen kan kalau kita berusaha menghemat pengeluaran tetapi hasilnya badan tidak fit dan tidak bisa beraktivitas dengan baik? Nah, kalau mau sayur mayur dengan harga terjangkau bisa dibeli di Sunday Market di Willows yang diadakan setiap hari Minggu pagi sekitar jam 8 sampai jam 12. Harga sayur terkadang bisa setengah dari harga di Woolworths dan Coles. 
List tempat berbelanja
1.       Stockland Shopping Centre  
310 Ross River Road, Aitkenvale QLD 4814, Australia
Di sini terdapat Coles (groceries), Woolworths (groceries), K-Mart (baju, sepatu, sepeda, alat tulis, perlengkapan dapur (piring, gelas, Magic Com), Big W ( hampir sama dengan K-Mart), Reject Shop (menyediakan barang-barang/ perkakas dengan harga miring), Dick Smith ( elektronik), Vodafone (mobile phone provider), Optus (mobile phone provider), Telstra ( mobile phone provider) dan lain-lain.  
2.       Willows Shopping Centre
Thuringowa Central QLD 4817, Australia
Hampir sama dengan Stockland tetapi di sini ada JB-HIFI (elektronik) dan tidak ada Reject Shop.
3.       Castle Town Shopping Centre
Woolcock Street, Queensland, Australia
Hampir sama dengan pusat perbelanjaan lainnya tetapi tidak ada Coles. Tempat relative lebih jauh dari Stockland.
4.       Domain Central
103 Duckworth Street, Garbutt QLD 4814, Australia
Berbeda dengan Stockland, Castle Town dan Willows yang berupa mall di gedung yang sama, Domain Central berupa pertokoan. Di sini ada JB-HIFI (elektronik), Rivers (sepatu, sandal, jaket dengan kualitas bagus dan harga lumayan terjangkau, apalagi kalau diskon :D ), Kathmandu ( outdoor / sport clothing) dan lain-lain.  
5.       Oriental Food Supplies / Asian Shop
272 Ross River Road, Aitkenvale QLD 4814, Australia
Menyediakan bumbu-bumbu khas Indonesia, kerupuk, bahan masakan Asia. 
6.       Lamberts
21 Rendle Street, Aitkenvale QLD 4814, Australia
Sayuran dan buah lokal dengan harga bersaing dengan Coles dan Woolworths.
7.       A Mays Inn Meats ( HALAL BUTCHER) *
Thuringowa Drive ( Depan Willows Shopping Centre)
Beef, Chicken, Lamb, sausages. 
8.       Currajong Meat Barn (HALAL BUTCHER) *
11 Hammett Street, Currajong QLD 4812, Australia
Beef, Chicken, Lamb, sausages. Apabila tidak ingin pergi ke halal butcher, daging ayam juga bisa dibeli di Coles atau Woolworths yaitu dengan merk Steggles dan Lilydales untuk ayam, sedangkan lamb di Coles, menurut info dari Permanent Resident dari Indonesia di Townsville adalah halal. Untuk info lengkap daging halal bisa ditanyakan kepada teman-teman MSA (Muslim Student Association) JCU. Sebagai tambahannya, produk list halal, bisa dicek di www.halalchoices.com.au   

*) Walaupun mereka menyediakan daging halal, tetapi mereka juga menjual pork, ham dan lain-lain. Jangan malu untuk bertanya kepada petugas mana yang halal dan mana yang mengandung babi, karena sosis sapi saja terkadang tidak halal karena kulit pembungkus terkadang mengandung bahan babi. Begitu pula dengan daging sapi gilingan, petugasnya sempat mengatakan bahwa ada daging sapi gilingan yang tidak halal karena dicampur dengan bahan lainnya.
9. Lifeline
Menjual barang bekas, misalnya baju, buku, alat masak.
Pasar dadakan juga ada di waktu-waktu tertentu, misalnya Sunday Market di Willows, Sunday Market di Flinders Street dan lain-lain.    

Part Time Job

Part time job sebaiknya dilakukan di semester kedua karena semester pertama adalah masa adaptasi student baru. Setelah mengetahui ritme waktu belajar, mengerjakan tugas, kegiatan PPIA, baru memperkaya pengalaman dengan bekerja di sini. Di sini, biasanya dibayar per jam dengan gaji $10-$20/jam. Jika berminat bekerja part time, bisa bertanya dengan mas-mas dan mbak-mbak PPIA yang sudah berpengalaman.   

Lapor Diri

Lapor diri ke KJRI sebaiknya dilakukan kolektif karena lebih hemat. Cek http://lapor-diri.org.au/ untuk lebih lengkapnya. Lapor diri dilakukan paling lambat 30 hari setelah kedatangan. 
By Ariana.

No comments: