Thursday, January 09, 2014

Posting perdana 2014 : Welcome to Townsville !!

© PPIA-JCU


Ketika Townsville (JCU) Memanggil


Townsville-JCU  di Masa Lalu, Kini dan Nanti

Hi….., salam untuk teman-teman yang akan segera bergabung di Townsville dan Selamat Tahun Baru 2014. Kami dari PPIA JCU akan membagi beberapa info menarik yang semoga dapat berguna bagi teman-teman semuanya. Bagi anda yang pertama kali datang ke Townsville, jangan membayangkan bahwa anda akan menemukan salju dan suhu dibawah nol derajat celcius seperti di daerah Australia yang lain (sama sekali SALAH). Dan satu hal yang penting, yakinlah bahwa allowance (establishment allowance maupun living allowance) akan sangat memadai untuk tinggal, bertahan dan menikmati kota Townsville bahkan anda bisa menabung untuk masa depan atau jalan-jalan (wow!!!). Namun tentu saja bagi yang membawa keluarga dengan satu/dua anak dan harus menyewa rumah/unit sendiri allowance tersebut sangat pas-pasan dan harus dibantu dengan income tambahan dari bekerja.


Townsville di masa lalu adalah kota kecil yang baru berdiri pada tahun 1864, dimotori oleh Melton Black dan Robert Towns. Semula Townsville bernama Castle Town yang kemudian berganti nama menjadi Townsville. Kini Townsville perlahan menjelma menjadi kota yang ramah bagi siapa saja yang menyapanya. James Cook University menjadi sebuah ikon yang turut menggaungkan nama Townsville  di seluruh penjuru dunia dengan pengetahuan dan penelitian di bidang marine biology dan perikanan pada khususnya. Anda mungkin belum pernah mendengar nama Townsville sebelumnya, namun pasti nama besar “Great Barrier Reef “ yang mempesona itu pernah donk. Nah sebenarnya Great Barrier Reef membentang di sepanjang lepas pantai Queensland di Timur Laut Australia, tempat yang paling bagus untuk menikmati bentangan karang di Great Barrier Reef adalah dari Cairns. Berbicara James Cook University di Australia, sebenarnya tak hanya membahas tentang Townsville, karena sesungguhnya kampus yang berdiri sejak 20 April 1970 ini memiliki kampus di berbagai tempat di Queensland, seperti Townsville, Cairns, Brisbane, Mackay, Mount Isa dan Thursday Island. Townsville menjadi begitu populer karena jantung dari JCU memang berada di Townsville, adapun Cairns kampus terbesar kedua adalah surganya bagi Australia seperti Bali menjadi nirwana bagi Indonesia.

Ada yang penasaran dengan bagaimana sich konsep kuliah di JCU ? Bagi yang baru pertama kali kuliah di luar negeri, pasti akan terkaget-kaget dengan gaya berbusana teman-teman di sini, maklum….di Townsville hampir sepanjang waktu panas dan terik, jadi para pengajar dan mahasiswapun cenderung mengenakan busana casual yang santai, bahkan tak jarang para mahasiswa dan mahasiswi mengenakan hot pants dan tank top sebagai busana kebesaran saat kuliah. Sistem perkuliahan biasanya terbagi menjadi tiga yaitu lecture, tutorial, dan field trip yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing schoolnya. Selain kelas-kelas yang regular, ada juga yang disebut “block mode”, yaitu model kuliah yang hanya diselenggarakan selama 1 – 2 minggu dalam masa rehat kuliah regular (semester pendek).
Di masa mendatang, Townsville tentunya diharapkan dapat lebih berkembang lagi menjadi kota yang tidak saja indah dan memikat namun ramah bagi kelestarian lingkungan dan menjadi Australia’s largest tropical city yang menawan dan rupawan. Kedepannya JCU yang fokus pada research di bidang Tropical Ecosystem and Environment, Industries and Economies in the Tropics, Peoples and Societies in the Tropics dan Tropical Health, Medicine and Biosecurity diimpikan menjadi kampus yang lebih mendunia dan maju dengan pesat.

Apa Adanya Townsville - Townsville Apa Adanya

Townsville adalah daerah sub tropis yang alamnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia pada umumnya. Meskipun Australia adalah Negara dengan empat musim, tapi itu tidak berlaku di Townsville, mengapa ? Karena pada umumnya winter di North Queensland tidak sedingin di daerah lainnya. Ketika winter, suhu di sini hanya berkisar antara 7 – 19 ° Celcius (boleh dibilang kondisi pada saat winter di sini relatif sejuk dengan dingin yang tidak terlalu menggigil seperti di daerah Puncak, Jawa Barat). Perubahan alam pada saat musim semi juga tidak terlalu mencolok. Panas dan terik adalah keseharian yang sangat biasa, hujan biasanya datang di bulan-bulan januari dan februari dengan curah yang bervariasi. Jadi….jangan SALTUM, jangan datang ke Townsville dengan banyak baju hangat yaaa !!

Dari suhu kita beralih ke topik seputar makanan, Bagi anda yang merasa orang Indonesia ASLI, tidak perlu khawatir keroncongan selama di sini. Sama seperti kota-kota lainnya di Australia, di Townsville banyak dijumpai komunitas Asia yang pastinya setia dengan Asian food. Selain di gerai supermarket seperti Woolworth (Woolis) dan Coles, produk makanan Asia juga dapat dijumpai dibeberapa toko makanan Asia (Indomie adalah menu wajib yang sangat membahana dan fenomenal dikalangan mahasiswa).  Bagi anda yang beragama islam tidak perlu was-was, karena halal food dan halal meat/butcher juga dapat dijumpai di kota ini. Terlebih bagi para penyantap praktis dan pecinta junk food, MC Donald, KFC, Hungry Jack, Pizza Hut, Sushi dan aneka gerai makanan siap saji dan caffe siap mengatasi rasa lapar anda (sebagai info tambahan setiap hari Selasa KFC mempunyai menu hemat paket ayam seharga Aus $9.95 untuk 9 potong ayam). Bagi orang Indonesia SEJATI penyantap nasi dan sambal terasi, no worries mate….!!! Di sini banyak tersedia rice cooker dan “uleg-uleg” dengan harga yang bersahabat (berkisar Aus $ 12-15). Bagi anda penikmat gaya hidup sehat, buah-buahan juga tesedia dalam berbagai bentuk dan rupa, jangan lupa untuk mencicipi buah Nectarine yang tidak ada di Indonesia.

Setelah membicarakan makanan, tidak afdol rasanya kalau kita tidak memetakan tempat-tempat murah dalam berburu kebutuhan sandang. Tenang saja guys…kebutuhan sandang lengkap tersedia di Townsville, dari yang baru sampai yang second tapi masih sangat layak pakaipun ada di kota ini. Jaringan toko pakaian dan kebutuhan rumah tangga besar banyak tersedia seperti K-Mart, Big W, Best and Less dan lainnya. Jika sedang sale harga pakaian di shopping mallpun cenderung terjangkau. Secondhand shop menjadi pilihan berikutnya, jangan dikira kalau bule-bule Australi itu anti pakai barang-barang second, bagi mereka berbelanja barang second punya keunikan dan keasikan tersendiri. Deretan secondhand shop yang beken di Towsville adalah Lifeline, Salvos, Endeavour, dan Vinnis. Meskipun toko second, mereka menata barang-barang dengan rapi sesuai dengan jenisnya. Secondhand shop yang paling berkelas adalah Endeavour dengan motto “Recycle with style”, harga di toko ini memang sedikit lebih mahal dari pada secondhand lainnya, tapi barang-barang yang dijual pun pilihan dan biasanya dalam kondisi yang masih sangat bagus. Anda akan menjumpai barang-barang sekelas “Levis” dan “Fossil” di toko ini. Sebenarnya secondhand shop tidak hanya menjual kebutuhan sandang saja, namun perlengkapan rumah tangga seperti sofa, tivi, kulkas, tempat tidur, mesin cuci dijual juga di sini. Bagi penikmat seconhand shop online “Gumtree” dan “swap and sell” di facebook bisa menjadi alternatif. Jadi Jangan ragu untuk mengunjungi secondhand shop terdekat di lingkungan tempat tinggal anda dan tersenyumlah karenanya ;),

Di kota baru tentunya kita harus mencari tempat tinggal baru, nah untuk yang satu ini teman-teman dari PPIA JCU punya tradisi unik yang luar biasa sangat membantu bagi para pendatang baru. PPIA akan mengadakan welcoming party dan mencarikan tempat tinggal sementara bagi teman-teman sekalian, yang tentunya apabila merasa cocok dengan tempat baru tersebut, ikrar sewa menyewa bisa dilanjut (karena biasanya para landlord/landlady meminta pembayaran bond dan perjanjian sewa untuk periode tertentu). Andai teman-teman tidak cocok, anda bisa mencari tempat baru yang sesuai dengan selera dan kondisi kantong. Sama seperti di Indonesia, mencari tempat tinggal baru itu susah-susah gampang. Berbagai pertimbangan diperlukan untuk menetapkan dan memantapkan pilihan. Beberapa faktor yang bisa dijadikan acuan adalah tentang pertimbangan financial, kenyamanan dan letak tempat tinggal (nilai strategis). Sebagian besar orang pasti memilih tempat tinggal yang murah supaya bisa menghemat biaya hidup (di Australia pada umumnya pembayaran sewa melalui personal maupun agent dilakukan setiap dua minggu sekali). Namun sebagian lain lebih memilih faktor kenyamanan dan kedekatan tempat tinggal dengan berbagai fasilitas. Tentu saja hal ini tergantung dari individunya masing-masing.

Selain tempat tinggal, faktor lain yang penting tapi juga tidak penting adalah masalah “partner” yang akan tinggal bersama kita (khususnya bagi teman-teman yang memilih sharing tempat tinggal). Jangan terjebak dengan logika tinggal di negeri orang dimana semua orang pasti akan menghormati dan memperlakukan kita dengan baik. Sama sekali tidak salah untuk berpositif thinking, namun yang perlu di ingat adalah kita semua berasal dari latar belakang, lingkungan, pola pikir dan pribadi yang berbeda. Sharing tempat tinggal seharusnya menimbulkan hak dan kewajiban yang setara bagi para penghuninya, tidak ada satu pihak yang merasa lebih superior dari pihak lainnya. Hak dan kewajiban tersebut tidak hanya dari segi pembagian biaya sewa, pembayaran electricity dan tanggungjawab para pihak, namun juga keselarasan dan kesejajaran hak antar masing-masing penghuni adalah faktor  utama dimana seseorang merasa nyaman atau tidak tinggal bersama partnernya. Sharing tempat tinggal berbeda dengan nge-kost yang pasti sang empunya kost berhak mengatur para anak kostnya dengan ketentuan-ketentuan internal). Sebagai “para pendatang” yang tidak abadi, akan ada masanya kita datang, ditinggalkan dan meninggalkan (orang-orang akan datang dan pergi sepanjang waktu dalam siklus kehidupan para mahasiswa di Townsville). Teman baru bisa menjadi saudara baru, dan setiap orang mempunyai hak untuk memilih teman-teman yang selaras dengan pribadi dan perilaku masing-masing. Jangan sampai salah memilih ya…., teman !!!!  ;),

Bosan belajar dan pengen hang out ? Sah-sah aja kok, karena sebagai manusia biasa kebutuhan hiburan adalah sesuatu yang penting untuk menyeimbangkan dan memotivasi diri (hmmm….). Salah satu enaknya tinggal di negara maju adalah kita bisa menikmati fasilitas publik yang keren secara gratis dari pemerintah. Selain itu, semua fasilitas publik di sini juga sangat ramah bagi teman-teman yang mempunyai kebutuhan khusus. Di kota kecil tercinta kita ini, ada River Way (sport centre dan park yang asri dan menjadi salah satu favorit warga. Di sini ada swimming Pool layaknya hotel bintang lima dengan nuansa alami yang sangat kental, lapangan hijau seba guna, skateboard arena, gallery dan tempat kongkow yang asik sambil menikmati barbecue bersama teman dan keluarga). Tempat berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Strand, kawasan wisata pantai dengan fasilitas buatan yang sangat natural (deretan hotel/apartemen berbintang dan tanpa bintang serta kedai dan restoran tempat makan berderet rapi menyemarakkan suasana pantai. Bagi yang takut berenang di pantai karena Jelly Fish, tidak perlu kuatir karena ada Rock Pool yaitu kolam renang dengan nuansa pasir pantai didasarnya. Small water park, play ground dan barbecue spot lagi-lagi banyak dijumpai ditempat ini). Strand juga menjadi tempat di gelarnya beberapa event besar di Townsville seperti : Townsville Culture Fest, Meet and Great peserta V8 (balap mobil di Townsville), New year Eve Festival dll. Oh iya Drum circle event juga diselenggarakan sebulan sekali di Strand, biasanya acaranya diadakan pada saat bulan purnama. Yang special dari acara ini adalah selain bisa menabuh dan belajar instrumen perkusi  (aneka kendang) acara ini di pandu oleh Alex Salvador yang pasti tidak asing bagi teman-teman semuanya, karena dia adalah Liaison Officer-nya ADS untuk JCU.

Bagi anda yang ingin berfoto dengan koala, wombat dan kangaroo, anda bisa mengajak putra-putri tercinta menikmati petualangan bersama hewan-hewan asli dari negeri kangguru ini di Billabong sanctuary (biasanya dalam IAP class anda akan diajak mengunjungi kebun binatang ini secara gratis, harga paket masuk untuk keluarga dengan 2 adult dan 3 children sebesar $85, dan harga student $ 27). Bagi penggemar photography yang ingin berburu sun rise dan sun set, tempat hunting yang paling pas adalah castle hill, di sini juga tersedia jogging track yang akan membakar lemak anda secara cepat (dengan catatan jogging dilakukan pada saat menaiki bukit, bukan pada saat menuruni bukit). Satu lagi tempat yang menjadi ikon bagi Townsville adalah Magnetic (Maggie) Island, dengan menggunakan ferry anda bisa menjelajah di pulau ini. Atau bagi yang suka suasana perbukitan, sungai dengan bebatuan besar, camping di alam terbuka dan anda juga penasaran ingin melihat mango farms disepanjang jalan, anda bisa berkunjung ke Alligator Creek yang lokasinya tidak jauh dari Billabong Sanctuary. Bagi yang ingin mengikuti perkembangan dan event-event di seputar Townsville, baik yang free maupun berbayar anda bisa memperoleh informasi tersebut di majalah “Pakmag” secara cuma-cuma yang tersedia di berbagai tempat seperti shopping mall, MC Donald dan sebagainya.

Hang out tidak lengkap rasanya kalau tidak bersama teman, jadi hubungilah teman anda dan ajaklah mereka. Bingung gimana cara menghubungi mereka ? It is easy bro…..anda bisa memilih berbagai paket komunikasi yang tersedia, mau yang top up atau ambil plan package …no matter for you. Andalan para mahasiswa yang kuliah di Aussie adalah mengambil plan package yang disediakan oleh para provider terkemuka seperti Optus, Vodafone dan Telstra. Caranya cukup mudah dan anda bisa memilih rentang waktu sesuai dengan kebutuhan mulai dari 12 -24 bulan. Tapi hati-hati kawan, jangan termakan dengan JEBAKAN SMART GADGET dan jadi GADGET ORIENTED,  bukan apa-apa sich cuma itu  bisa membuat kita bangkrut aja..hehehe. Kalau Blackberry yang dari canada merajai pangsa smartphone di Indonesia, beda halnya dengan selera masyarakat sini yang lebih memilih produk besutan om Job dari Silicon Valley, dengan logo buah “apple” yang sudah tidak utuh lagi itu. Jadi gimana….? Belanja sesuai kebutuhan aja yaaa…!!!

“Mensana in Corporesano”, didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Untuk meyehatkan badan anda bisa jogging atau bersepeda disepanjang Ross river park atau memanfaatkan fasilitas Gym berbayar di kampus. Sedangkan untuk menyehatkan jiwa, ada banyak gereja dan sebuah masjid mungil di Townsville yang akan mempertemukan orang-orang dari berbagai penjuru dunia, dan juga ada chaplaincy kecil di kampus tercinta. Jangan kaget ya, meskipun keyakinan kita sama, mungkin kita akan menemukan keberagaman cara dalam menjalankan keyakinan kita tersebut. Hormatilah hak dan pandangan orang lain dalam beribadah karena perbedaan itu indah teman, dan hidup itu harus balance secara vertical dan horizontal.

Keluarga adalah segalanya, dan para penerima beasiswa ADS adalah orang-orag yang beruntung karena kita diperkenankan membawa serta keluarga  saat menunaikan tugas belajar di negeri koala ini. Tidak hanya itu kawan, pemerintah Australia juga melengkapi kita dengan berbagai fasilitas yang memungkinkan anak-anak bisa menikmati fasilitas sekolah secara gratis  (dari tingkat elementary sampai high school). Bagi anda yang putra-putrinya masih balita juga tidak perlu merasa galau harus membayar mahal untuk child care, karena anda bisa mengurus administrasi untuk mendapatkan Child Care Benefit (CCB) dan Child Care Rebate (CCR) dari Centre Link, sebuah institusi yang bertugas mengurusi segala macam tunjangan dan social matter bagi warga negara dan penduduk Australia. CCB dan CCR tersebut juga berlaku bagi anak usia sekolah yang karena kebutuhan orang tuanya harus berangkat lebih awal (Before School Care) atau pulang lebih lama dari waktu sekolah (After School Care). Waktu bersekolah di sini sama untuk semua anak dalam berbagai tingkatan, yaitu dari jam 8.30 – 14.30 waktu setempat. Yang wajib dibawa apabila anda berangkat didampingi anak-anak adalah KARTU IMUNISASI yang sudah ditranslate. Kebetulan aturan di Negara bagian Queensland masih memberikan imunisasi gratis untuk anak yang masih harus di imunisasi. So….Enjoy the school and have vaccination children!!!!

Ingin mencetak dollar di Townsville? Kenapa tidak? Bagi para penerima beasiswa, kita diberikan kesempatan bekerja selama 20 jam/minggu dan bagi spouse kesempatan dan jam kerja tidak terbatas baik part time maupun full time. Bagi para pekerja part time range gajinya bervariasi, biasanya lebih besar dari pada pekerja full time, namun bedanya pekerja full time mendapatkan hak cuti dan sakit yang akan tetap dibayar apabila yang bersangkutan tidak masuk kerja karena sakit atau liburan. Pembayaran gaji biasanya dilakukan seminggu sekali. Penghasilan dari bekerja di Townsville dari berbagai jenis dan bidang pekerjaan berkisar antara Aus $10–27/jam. Pekerja juga berhak mendapatkan superannuation dan tax return yang besarannnya bergantung dari pendapatannya.

Selain hal-hal yang penting untuk dilakukan, ada juga beberapa pantangan yang mesti dihindari atau berpikirlah ulang untuk melakukannya. Diantaranya adalah bagi anda yang mempunyai hobby dipijat dan bermanja-manja di salon. Bayangkan, untuk sekali body massage anda harus merogoh kantong sebesar Aus $ 60 – 100, meni-pedi $ 45 – 60, potong rambut $ 15 – 28 untuk pria dan $ 30 – 80 untuk wanita. Tapi bukan orang Indonesia namanya kalau tidak bisa mensiasati keadaan yang tidak menguntungkan. Dari mahalnya biaya kebutuhan tersier tersebut lahirlah bakat-bakat baru sebagai tukang cukur rambut dadakan dengan kualitas ala kadarnya dengan bayaran terima kasih, untuk body massage bagi anda yang membawa pasangan tentu keharmonisan keluarga bisa tambah erat dengan melakukan ritual tersebut, bagi yang single…..saatnya mencari dan menemukan pasangan baru ….why not ????

Bagasi terbatas, gimana donk, padahal mau keluar negeri dan tinggal lama di Aussie masa cuma bawa satu koper !!??? Sebagai pertimbangan, siasati minimnya kuota bagasi hanya dengan membawa barang-barang yang diperlukan dan penting saja. Karena percayalah bahwa anda akan datang ke sebuah kota yang meskipun sepi dan tidak terlalu cosmopolitan tapi lengkap dengan kebutuhan hidup standar.  Bagi anda yang tetap ngotot membawa bagasi berlebih dengan pertimbangan ini dan itu, cobalah untuk mendapat tambahan kuota dengan membeli bagasi secara online dipenerbangan yang akan anda naiki. Dari pengalaman teman-teman yang lain , membeli  bagasi online biasanya lebih murah dari pada membeli bagasi tambahan pada saat keberangkatan. Perhatikan perbedaan kuota bagasi antar maskapai penerbangan, untuk penerbangan antar negara dengan maskapai besar biasanya berat bagasi bisa mencapai 30 kg/bag, namun pada saat anda transit dengan maskapai lokal atau dengan pesawat yang lebih kecil  kuota bagasi akan berkurang hanya seberat 20 kg/bag. Ingat !!!! pembelian bagasi via online sebaiknya dilakukan minimal dua hari sebelum keberangkatan, karena setelah 24 jam menjelang keberangkatan biasanya pembelian bagasi online telah ditutup. Untuk makanan yang dibawa, sebaiknya membawa produk makanan yang berlabel pabrik, makanan buatan sendiri cenderung tidak lolos karantina karena dianggap tidak memenuhi standar keamanan pangan. Jangan membawa rokok terlalu banyak karena bisa kena denda dan perhatikan produk-produk yang dilarang masuk ke Australia.

Bagaimana sich kehidupan di Townsville ? Terutama moda transportasi dan suasana lalu lintasnya ? Pengen naik monorel atau tram nich…seru kali yaaa….khan di Aussie gitu lhoh !!!!  Memang bener sich, Townsville itu bagian dari Australia, Queensland khususnya yang nota bene  merupakan “developed country” ciiiinnn !!!!! Tapi ya ituuuu…..Townsville ini gak beda jauh sama “Smallville”-nya superman. Kota ini adalah kota yang tenang dengan moda transportasi yang lebih sederhana dari kota Sydney atau Melbourne, jadi anda hanya akan menemukan Bus, train, taxi, sepeda dan private vehicle seperti mobil dan sedikit sepeda motor. Dengan kasat mata anda dapat membedakan Jakarta dan Townsville dengan mudah yaitu dari kondisi jalannya yang lengang sehingga mobil-mobil bisa melenggang dengan tenang dan kencang. Tapi ingat…..polisi di sini tidak bisa disogok dan tidak sering nongkrong di tempat-tempat gelap seperti di Indonesia, tidak ada istilah “69” atau “96” (damai). Jadi jika anda melanggar rambu lalu lintas atau batas kecepatan, anda akan mendapatkan surat cinta kemudian, yang akan dikirim via pos lengkap dengan detail kejadian dan peristiwa, dan bayarlah denda yang dijamin akan menguras kantong, emosi dan air mata anda. Jadi tertib berlalu lintas ya teman! Oh iya bagi yang berminat membeli kendaraan pribadi, kesempatannya sangat terbuka. Selain harga mobil yang relatif murah (harga motor sama dengan di Indonesia), SIM made in Indonesia-pun diakui kesaktiannya dan relatif tidak bermasalah kalau digunakan (tidak perlu ditranslate). Di beberapa tempat termasuk kampus menyediakan parkir gratis. Yang harus dipertimbangkan dalam membeli kendaraan adalah Certificate Road Worthy dan pembayaran registrasinya (rego) yang bisa dilakukan setiap 6 bulan atau setahun sekali, dalam rego ini juga mencakup asuransi kecelakaan bagi pengendara. Bagi yang memilih sepeda sebagai alat transportasi, helm dan lampu adalah perlengkapan wajib bagi anda.

Asuransi kesehatan yang disediakan tidak mencakup pengobatan untuk gigi dan mata, jadi ada baiknya bagi anda yang memakai kacamata menyediakan kacamata cadangan dari Indonesia dan periksalah atau ambil tindakan yang perlu bagi perawatan gigi anda sebelum berangkat (scalling, tambal gigi atau cabut gigi), mengingat biaya untuk pengobatan mata dan gigi sangat mahal. Bawalah obat-obatan khusus yang anda konsumsi dan pakai,yang sekiranya akan susah ditemukan di Townsville seperti minyak angin, minyak tawon, tolak angin dan jenis obat tertentu yang cocok bagi anda.

Ada satu hal lagi yang menarik di Australia, yaitu mitos seputar BOXING DAY. Boxing day itu adalah idaman bagi para pemburu diskon, dan boxing day bukanlah sosok yang tidak kasat mata, dia memang ada dan  terpampang nyata dalam rayuan di setiap sudut mall dan tempat belanja, perayaannya jatuh pada tanggal 26 Desember, sehari setelah natal. Konon menurut legenda, toko-toko akan meng-sale produknya up to 75%. Tapi, bagi anda penggila belanja mohon tidak kecewa karena produk-produk yang di sale gila-gilaan itu tidak termasuk barang-barang elektronik, yang paling banter cuma di sale 20% atau mendapatkan cashback senilai Aus $ 100- 200. Produk-produk yang bisa menukik tajam itu diantaranya adalah pakaian, coklat  dan permen khusus natal, hiasan-hiasan natal dan parcel-parcel natal. Jewellery dan jam bisa diskon sampai 50%. Harap tidak kecele dan mengagung-agungkan boxing day bagi para  penggemar belanja berdiskon..hehehe.

Sekilas tentang PPIA JCU

PPIA JCU merupakan ranting dari struktural kepengurusan PPIA Cabang Queensland dan PPIA Pusat yang berdiri sejak 8 Maret 1981. Mahasiswa datang dan pergi, demikian juga dengan kepengurusan PPIA JCU berganti dari periode ke periode. Pengurus boleh berganti, namun kegiatan tetap dinanti.  PPIA JCU terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan di seputar Townsville dan Cairns. Beberapa kegiatan yang diikuti antara lain Townsville culture festival, cultural outreach di berbagai sekolah di Townsville, penyambutan mahasiswa baru,  Art Exhibition, Townsville Harmony day, Perayaan Proklamasi Kemerdekaan, Gathering dengan permanent resident dan citizen, arisan antar mahasiswa, serta beberapa kegiatan di internal kampus JCU. Yang patut disyukuri adalah meskipun komunitas PPIA di JCU dan Townsville kecil namun kebersamaan dan keakraban yang terjalin diantara para anggotanya dan para penduduk Townsville (citizen dan permanent resident) sangatlah erat.

Selain informasi panjang lebar diatas, ada beberapa rekomendasi tempat yang anda bisa tuju untuk mencari kebutuhan dan hiburan dengan harga yang terjangkau, dijamin para scholars terdahulu akan dengan senang hati menujukkan tempat-tempat tersebut kepada anda yaitu :


       
        Kebutuhan

Tempat/Toko

Keterangan

Pakaian murah ,sepatu dan aneka perlengkapan rumah tangga
K-Mart
Big W
Best & Less
River
Secondhand shops (Lifeline, Endeavour, Vinnis, Salvos)

Pada saat sale anda akan mendapatkan baju/kaos seharga hanya Aus $ 1- 3
Bahan Makanan
Woolworth
Coles
Asian Store
Sunday Market

Supaya tidak bingung saat berbelanja di supermarket perhatikan lorong-lorong penunjuk jenis makanan.
Halal Butcher
Lambert
A Mays
Currajong Buthcer


Di Townsville tidak ada butcher khusus halal, jadi makanan halal akan bercampur dengan yang tidak halal, jadi hati-hati saat membeli dan memilih.




Electronic
Dick Smith
Harvey Norman
JB Hi fi
The Good Guys
Camera House
Next bite
Gumtree website (second)

Tips :
Belilah kebutuhan electronic anda pada saat diskon dan sering-seringlah melakukan perbandingan antar toko
Stationery
Office Work
K-Mart
Big W


Rumah/Tempat tinggal
Personal LandLord/Land Lady
Gumtree website
Domain Real Estate website

Bagi yang berencana membawa keluarga.
Biasanya teman-teman memilih tempat tinggal di  suburb yand dekat dengan kampus seperti :
Cranbrook, Aitkenvale, Douglas, Annandale, Mundingburra, Heatley

Harga kost perkamar untuk single (termasuk listrik /bill include dan kadang-kadang internet) berkisar Aus $ 110 – 150.

Untuk harga sewa rumah/unit agak sedikit lebih mahal dan masih harus membayar biaya listrik pertiga bulan , untuk rumah /unit dengan 2 kamar harganya mencapai Aus $ 250 – 320 dengan kondisi unfurnished (berperabot lengkap sampai cutlery-pun disediakan), Partly furnished (hanya dilengkapi dengan beberapa perabot tumah tangga penting seperti fridge, stove, washing machine, bed, AC) dan unfurnished (tanpa perabot / kosongan, tapi biasanya stove dan AC sudah terpasang). Rumah/unit yang unfurnished harga sewanya biasanya relatif lebih murah, namun jangan lupa biaya untuk pengadaan perabotnya harus difikirkan juga. Dari pengalaman teman-teman kurang lebih dibutuhkan biaya sekitar Aus $1000 untuk membeli perlengkapan second.
Sekolah Anak/Child care
Primary School:
Aitkenvale State School
Cranbrook State School
Mundingburra State School

Childcare:
Billy Lid Kindy,  Busy Kid, JCU Child care dll.



Bagi keluarga yang membawa anak
Tips :
Pemilihan sekolah disesuaikan dengan jarak tempat tinggal dan biaya (untuk child care). ADS’Scholars mendapat  fasilitas menyekolahkan putra-putri secara gratis di sekolah pemerintah.

Untuk potongan biaya childcare atau Before dan after school care, penerima beasiswa ADS berhak mendapatkan bantuan dari Centre Link berupa Childcare Benefit dan Childcare Rebate yang potongannya bisa mencapai 60% dari biaya aslinya.


Entertainment
Strand
Park and Barbecue spot
River Way Swimming Pool
Castle Hill (sun rise and sunset spot).
Alex’s Drum Circle (sebulan sekali setiap bulan purnama)

Free
Tempat  Makan favorit mahasiswa
Nandos (ayam Portugal)
Irish Finnegan (Steak)
Dominos Pizza
Aqua (Jupiter Hotel)
Miss Sushi (JCU)
Refecctory (JCU)
Jamaica caffe (JCU,Stockland)
Wasabi (stockland)
Rickshaw(stockland)


Produk Favorit
Kathmandu
Adventurer store


Mall/Shopping centre
Stockland
Willow
Castle Town
Domain







Movie /Theatre

Reading Cinema
Megashare.com
Watch32.com


Transportasi
Sepeda, Bus, taxi
Personal vehicle (motor/mobil)
Harga mobil relatif sangat terjangkau antara AUS $ 1000 – 5000, tapi ingat biaya registrasinya (REGO) lumayan mahal dibanding di Indonesia, berkisar Aus $ 350 untuk periode 6 bulan.

Untuk mahasiswa berlaku harga konsesi untuk bus dan kereta.

Harga sepeda juga tidak terlalu mahal dikisaran AUS $ 90 – 125 untuk baru dan $ 30 – 60 untuk second (Berdoalah mendapat lungsuran sepeda secara cuma-cuma dari para pendahulu ;),

komunikasi
Vodafone
Optus
Telstra
skype

Bisa membeli plan package atau top up .

Dengan Plan package anda bisa membeli handphone baru dengan cara dicicil selama 12 – 24 bulan termasuk pulsa telpon dan internetnya.

Free wifi tersedia di kampus

Rumah Sakit



JCU Health
Townsville Hospital
Untuk penerima beasiswa, otomatis akan dicover insurance (kebijakan sekarang menggunakan provider dari Allianzs), untuk yang membawa spouse atau keluarga anda bisa up grade di provider yang sama  atau menggunakan provider lain seperti medicare (tapi biasanya up grade di provider yang sama dengan penerima beasiswa akan jauh lebih murah).


Mudah-mudahan anda betah dalam membaca informasi yang sangat panjang lebar ini, terlampir saya sertakan juga daftar keperluan dan barang bawaan yang penting untuk dibawa dan dipertimbangkan. Sejujurnya inspirasi ini datang dari seorang I made Andi Arsana, tokoh motivator beasiswa yang tidak hanya juara namun juga sarat dengan prestasi dan baik hati. Terima kasih juga bagi PPIA JCU dan teman-teman seperjuangan yang senantiasa berbagi suka, duka, pilu dan rindu dalam perantauan. Satu hal yang pasti, masa-masa tersulit bukanlah pada saat kita berjuang mendapatkan beasiswa, tapi proses pada saat menjalaninya akan lebih rumit, menantang dan menguras suasana hati. Di Townsville kita tidak hanya belajar ilmu dari dosen-dosen yang mumpuni tapi juga belajar hidup yang sesungguhnya dan sungguh-sungguh belajar dari hidup. Belajar menjadi mandiri, kuat dan berempati. Prestasi bukanlah hasil tertinggi, tapi proses menjalani dan menjadi yang teruji adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Selain mendapat ilmu dan embel-embel gelar yang dinanti , anda juga akan pulang membawa sejuta kenangan dari teman-teman sejati yang menginspirasi. Selamat datang dan selamat berjuang kawan!!!!!



                                                                                                       Salam,
                                                                                                       PPIA JCU
                                                                                                         Januari 2014







Lampiran Daftar keperluan (barang bawaan)

No
Nama
Check list
Keterangan

Barang/Surat2 penting (selain dalam bentuk hard copy sebaiknya surat-surat berharga juga anda scan dalam soft copy)

1
Paspor, visa dan surat tugas belajar

Surat tugas belajar bagi Pegawai negeri
2
Enrolment/Letter of Offer dari Universitas


3
Tiket


4
Scholarship Contract letter


5
Research Proposal

Bagi research student
6
Daftar kontak penting di Indonesia maupun di Australia
(Keluarga, LO ADS/Scholarship provider contact, Supervisor, PPIA, Embassy,


7
Alat komunikasi dan entertainment (HP, Tab, ipad, camera) dan chargernya


8
Berkas-berkas untuk keluarga (daftar imunisasi anak yang sudah diterjemahkan, keterangan dari sekolah anak di Indonesia)

Bagi yang membawa keluarga (anak)
9
SIM Indonesia (tidak perlu diterjemahkan)

Bagi yang berencana membeli alat transportasi seperti motor atau mobil

Pakaian secukupnya (Pakaian dengan harga terjangkau banyak tersedia di Townsville)

1
Batik

Formal maupun semi formal
2
Pakaian tradisional/adat Indonesia

Untuk culture event
3
Formal clothes (kemeja , celana kain)


4
Non-formal clothes (underwear, kaos, jeans, dll)


5
Sepatu dan sandal (formal dan sport)


6
Jaket /baju hangat

Pada saat winter suhu di Townsville biasanya tidak terlalu dingin, berkisar antara     9 s/d 19 ° Celcius
7
Religious dress (mukena, sarung dll)


8
Toiletries (handuk, sikat/pasta gigi, sabun)





Alat tulis dan kuliah

2
Notebook dan bollpoint

Sebaiknya bawa notebook kecil untuk diperjalanan, tidak perlu membawa buku tulis untuk kuliah dari Indonesia
3
Laptop, charger dan External storage device (Flash disk, external hard disk)

Bagi yang berencana membeli lap top baru setiba di Townsville tersedia laptop dengan harga terjangkau.
4
Buku bacaan

Buku-buku yang menurut anda penting, buku-buku untuk perkuliahan tersedia di library

Makanan dan obat-obatan (sebaiknya bawa yag ada label bahan bakunya)


Bumbu jadi /siap saji secukupnya

Harga bumbu di Indo jauh lebih murah.

Teh

Bagi penyuka teh aroma khas Indonesia spt Tongji dll

Obat-obatan

Terutama bagi anda yang harus mengkonsumsi obat-obatan jenis tertentu.

Souvenir/Gift
Bagi anda yang mempunyai budget lebih bisa membawa souvenir untuk diberikan sebagai cinderamata kepada academic advisor, supervisor atau LO dan teman-teman dekat dari Negara lain.



1 comment:

APARATUR SIPIL NEGEARA said...

Trims infonya.. sangat membantu...
InsyaAllah saya akan menyusul ke sana tahun ini (smester 2).
numpang nanya sedikit boleh dong...
bagaimana dengan biaya melahirkan di townsville? karena saat ini istri saya sedang hamil muda (1 bln), kemungkinan nyusulnya sebelum melahirkan .
terims sekali lagi.